Langsung ke konten utama

Kumpulan : #Pembinaan Diri (1)

Bismillah.....

Di sela-sela pengerjaan laporan Project, rehat sebentar sambil upload tulisan....

Tulisan ini merupakan kumpulan status dari #Pembinaan Diri yang pernah saya upload di fb. Tidak ada kata-kata yang berubah dan belum dinarasikan, hanya dicopy paste lalu disistematikkan.

Ada tiga bagian kumpulan status #Pembinaan Diri; yaitu:

1.-
Pembinaan Diri (1) : Definisi, Urgensi, dan Penghambat secara umum untuk melakukan pembinaan diri

2.-
Pembinaan Diri (2) : Sarana dan Strategi

3.-
Pembinaan Diri (3) : Manfaat dari Pembinaan Diri


A.    DEFINISI

Pembinaan Diri, punya tiga kata kunci:

    1.    Sarana Pembinaan

       a.    kegiatan atau agenda

       b.    Motivasi Diri

    2.    Pemberi dan Sasaran Pembinaan adalah diri sendiri

    3.    Output yang diharapkan berupa pribadi muslim yang great di bidang iman, akhlaq, sosial, ilmiah, dan lain-lain

jadi kita membina diri kita sendiri dengan sarana pembinaan diri, dengan tujuan membentuk pribadi muslim yg sempurna...

B.    URGENSI

B.1.    dengan membina diri maka diri kita akan lebih tegar dan istiqomah

#1
sebagai seorang muslim, sudah seharusnya dia senantiasa berusaha untuk memperbaiki dan memperhatikan imannya, akhlaqnya, dan ibdahnya. ada saat2 kita dibina oleh orang lain, tp yg paling penting adalah semangat yg berasal dr diri kita sendiri.

B.2.   dengan membina diri, maka diri kita akan lebih mudah merubah kekurangan-kekurangan yang ada pada diri kita...

B.3.    Sarana Dakwah yang Paling Kuat

#1

salah satu alasan pembinaan diri penting adalah menjadi salah satu alat dakwah alat yang paling kuat...

kenapa?

dakwah yang paling kuat bukanlah dakwah dengan ceramah....

akan tetapi, dakwah dengan qudwah yang membuat orang di dekatnya terpengaruh. Yap seperti konsep dakwah fardhiyah, sambil membina orang lain, binalah diri sendiri.

Tasyhadu biana muslimun...

B.4.  Dengan membina diri, sarana yang cukup kuat untuk memperbaiki kepincangan yang terdapat pada realitas masyarakat sekrang ini.


B.5    Sarana pembinaan diri ini dapat dicari di mana pun kita berada, mudah didapatkan, asalkan terdapat motivasi dari diri kita sendiri.

C.   REALITAS YANG ADA TENTANG PENGHAMBAT PEMBINAAN DIRI 


C.1.    Minimnya Ilmu

#1

Jangan sangka orang tidak mau membina diri karena tidak mau, bisa jadi karena dia tidak tahu....

Ketidak tahu an bahwa seorang muslim perlu membina diri...

Ke tidak tahu an akan ilmu-ilmu agama, sehingga tidak tahu cara mengamalkannya.

Yap, kesadaran akan pembinaan diri mutlak membutuhkan ilmu.

Bagaimana seseorang bisa membina dirinya kalau tidak punya ilmu

C.2.    Ketidakjelasan sasaran dan Tujuan Hidup

C.3.    Lengket dengan dunia (penyakit wahn)

#1

Aduh aku sibuk banget! tugas kuliah, PR, besok ujian, mana sempat aku ibadah???

Aduh! project udah semakin dead line, client udah ngejar2 tuh! bisa2 kita ga dibayar, mepet! mana sempat ibadah tambahan???

hmm, beginilah kehidupan dunia, semakin kita total di dalmnya semakin terlarutlah...

pasti ga akan sempat membina diri, jika tidak kita Agendakan...

Pembinaan diri bukanlah menunggu jika ada kesempatan, tapi kitalah yg mencari kesempatan itu...

C.4.    Pemahaman yang salah tentang pembinaan diri

C.5.    Minimnya Basis pembinaan diri

C.6.    Panjang Angan

#1

salah satu penghambat pembinaan diri adalah Panjang angan...

bagaimana mekanisme penjang angan ini bisa membuat pembinaan diri terganggu?

orang yg panjang angan akan cenderung menunda kebaikan karena masih adanya hari esok. ketika hari esok sudah dtng, dia menunda lagi. dan akhirnya, pada hari tuanya dia menyesal, karena ibadah masih pas pasa an, kontribusi pada umat tdk seberapa, perbaikan diri pun tdk dilakukan.

(bersambung...)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#Pembinaan Diri (3)

(Lanjutan....) Setelah sekian lama, tulisan sederhana ini akhirnya bisa diselesaikan. Maklum, hampir full akitivitas, mulai dari 4 minggu sebelum Ramdahan sampai sekarang. Ok, mari kita lanjutkan. Tapi, sebelumnya, alhamdulillah ada beberapa habbit yang bisa jelek yang bisa diubah beberapa minggu terakhir. Ini semata-mata karena pertolongan Allah yang telah memberikan hidayah pada penulis. Sekarang the next habbits jelek yang perlu diatasi. Tidak perlu tergesa-gesa, tapi nikmati prosesnya.... :D. Jika artikel sebelumnya adalah kumpulan status, maka untuk tulisan kali agak berbeda. Sebelum masuk ke inti bahasan, mari kita review lagi makna dari ' Pembinaan Diri' . Apa sih Pembinaan Diri? Pembinaan Diri adalah Serangkaian program/ Sebuah Komitmen untuk membina dirinya sendiri dengan sarana-sarana yang sebenarnya berserakan di kehidupan keseharian kita. (Jadi bahasa tekniknya adalah dioptimasi agar lebih efektif) Pembinaan sendiri mempunyai tujuan agar ses

Semua akan Indah Pada Waktunya... Tasyabuh?

Larangan tasyabbuh edition.... "Semuanya Akan Indah pada Waktunya" ternyata kalimat tersebut dari BIBLE dan sudah menjadi syiar umum bagi kaum Nashrani (di Doa di nyanyian di Gereja). apakah kita akan menjadikan syiar mereka menjadi syiar kita sebagai umat Islam???? Insya Allah banyak kalimat dari Al Qur'an dan As Sunnah yang lebih baik dari perkataan tersebut. Salah satu contohnya adalah surat Fushilat ayat 30-31 atau Ali Imron yang berbunyi " wa saari'u ilaa maghfirotim mir Robbikum" ....dst. Eh kok ada yang beda di ayat tersebut? Yap, di sana TIDAK semuanya akan indah pada waktunya. Kita akan mendapatkan balasannya jika kita telah melakukan sesuatu terlebih dahulu (beriman, beramal, istiqomah dll) dan sudah dikehendaki oleh Allah. Jika tidak sependapat tidak apa-apa. Tapi bukankah kita lebih baik tidak atau berhati-hati untuk tidak bertasyabbuh? ------- ini bunyi kalimat tersebut di Bible...... "Ia membuat segala sesua

Lirik Nasyid : Bingkai Kehidupan

Mengarungi samudra kehidupan, Kita ibarat para pengembara Hidup ini adalah perjuangan, Tiada masa tuk berpangku tangan Setiap tetes peluh dan darah, Tak akan sirna ditelan masa Segores luka di jalan ﷲﺍ, Kan menjadi saksi pengorbanan Allohu ghoyatuna Ar Rosulu qudwatuna Al Qur?anu dusturuna Al Jihadu sabiluna Al Mautu fi sabilillah, asma amanina ﷲﺍ adalah tujuan kami, Rasul'ullah teladan kami Alquran pedoman hidup kami, Jihad adalah jalan juang kami Mati di jalan ﷲﺍ adalah, Cita-cita kami tertinggi Mengarungi samudra kehidupan, Kita ibarat para pengembara Hidup ini adalah perjuangan, Tiada masa tuk berpangku tangan Setiap tetes peluh dan darah, Tak akan sirna ditelan masa Segores luka di jalan ﷲﺍ, Kan menjadi saksi pengorbanan Allohu ghoyatuna Ar Rosulu qudwatuna Al Quranu dusturuna Al Jihadu sabiluna AlMautu fi sabilillah, asma amanina ﷲﺍ adalah tujuan kami, Rasulullah teladan kami Alquran pedoman hidup kami, Jihad adalah jalan juang kami Mati di